Jumat, 05 Agustus 2011

Memformat Flash Disk yang Bandel

Pada saat itu cuaca sangat cerah di bumi Semarang. Saat selesai mengajar, tiba-tiba datanglah seorang rekan kerja saya, sebut saja namanya Pak Ali (nama sebenarnya). Dia bilang file MS Wordnya tidak bisa dibuka, penasaran aku pun coba untuk mengeceknya sendiri. Ternyata benar, Pak Ali termasuk orang yang jujur he..he..:), file MS Word yang ada di flashdisknya tidak bisa dibuka semua. Aku menyarankan Ia untuk pasrah saja, karena mungkin flashdisknya bermasalah. Adegan selanjutnya pun dapat ditebak, untuk tidak merambah ke file lainnya flashdisk harus di format. Dan aksiku pun dimulai, bak seorang ahli komputer kumulai memencet mouse disana-sini untuk memformat flashdisk tersebut. Setelah proses formating beberapa saat, ternyata gagal. Diliputi rasa bersalah karena akulah yang telah memformatnya, kuteruskan upaya untuk berusaha memformat FD tersebut. Tapi ternyata ALLAH berkehendak lain. Tapi aku tidak mau putus asa, bagaimanapun caranya flashdisk tersebut harus bisa sehat kembali. Kuminta untuk kubawa pulang dan browsing internet. Satu persatu cara kucoba sesuai tips yang ada, mulai dari pakai software untuk low formating sampai di format lewat safe mode tapi juga gagal. Dua minggu berusaha mencari (dan masih diliputi rasa bersalah) akhirnya nemu juga cara yang jitu. Yaitu dengan menggunakan microcontroller (jangan tanya apa ini, karena aku juga nggak tahu). Sepemahamanku jika salah mohon diluruskan, setiap flashdisk dibekali microcontroller dari vendor yang berbeda-beda. Butuh software tertentu asli vendor tersebut untuk mengendalikannya. selanjutnya...bla..bla..(kira-kira begitulah, cara aja di internet). Langsung aja ke cara memformatnya:
1. Pastikan jenis Chipset yang anda pakai.
Biasanya dapat dilihat jika kita bongkar flashdisk tersebut, atau jika tidak mau ambil resiko gunakan software untuk menyelidikinya. yaitu dengan menggunakan ChipGenius. Caranya tinggal menancapkan FD anda dan jalankan aplikasi.  Akan muncul gambar seperti di bawah ini.

dari gambar di atas dapat diketahui bahwa FD bervendor Phison dan Part Numbernya UP13~UP19.

2. Jika sudah diketahui vendornya selanjutnya tinggal download softwarenya di situs Flashboot. Ingat! download sesuai informasi FD anda.
3. Jalankan software yang baru saja anda download. Lakukan formating.
4. Semoga sukses.
Lakukan langkah-langkah di atas atas resiko sendiri, maaf jika terjadi kesalahan saat formating yang menyebabkan FD anda tambah rusak. Terima kasih atas pihak-pihak yang membuat postingan ini dapat terwujud. Akhir kata Wassalam.

0 komentar:

Poskan Komentar